Perbedaan Surfing, Searching, dan Browsing di Internet





Serupa tapi tak sama, mungkin itulah kiasan yang tepat untuk menggambarkan perbedaa antara browsing, surfing, dan searching di internet. Saya menulis artikel ini karena mungkin masih banyak yang bingung perbedaannya (sekalian menambah pengetahuan sobat).

Searching adalah kegiatan mencari teks, situs, berita, atau gambar di suatu situs yang kita belum ketahui secara pasti alamatanya. Untuk itu kita membutuhkan bantuan Search Engine sebagai alat bantu untuk mencari alamat situs. Contoh search engine adalah Google, Yahoo!, Bing, dan lain sebagainya.

Browsing adalah pencarian informasi melalui sistem operasi yang berbasis Hypertext, misalnya membaca cerita, menonton video, mengirim e-mail, dan sebagainya. Sistem operasi yg berbasis hypertext disini maksudnya adalah browser. Contoh browser adalah Mozilla Firefox, Internet Explorer, Google Chrome, dll

(Perlu diingat : perbedaan antara browsing dan searching terletak pada letak pengetikan. Kita dikatakan Searching saat kita mengetik artikel yang kita cari di kotak search engine, setelah itu baru kita memilih salah satu artikel dari sekian banyak artikel di search engine. Sedangkan kita Browsing saat kita mengetik salah satu artikel/situs yang kita cari di kotak HTTPS.)

Surfing adalah kegiatan yang tujuannya untuk mencari hiburan di internet seperti : membuka facebook, twitter, youtube, dll.

Oke, sekian artikel tentang perbedaan surfing, browsing, dan surfing. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan sobat. Semoga bermanfaat!!

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

situs jejaring sosial

Hardware dan Software untuk akses internet